www.AlvinAdam.com


Berita 24 Bengkulu

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

PPS Lampulo Pusat Awasi Ilegal Fishing

Posted by On 03.10

PPS Lampulo Pusat Awasi Ilegal Fishing

PPS Lampulo Pusat Awasi Ilegal Fishing

Pangkalan Pusat Pengawasan Perairan Laut Sumatera yang sebelumnya di Belawan, Sumatera Utara, ternyata

PPS Lampulo Pusat  Awasi Ilegal FishingCALON Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, melakukan tatap muka dengan perwakilan nelayan dan pedagang ikan TPI Lampulo

* Kapal Cepat Dipesan untuk Pengawasan

BANDA ACEH - Pangkalan Pusat Pengawasan Perairan Laut Sumatera yang sebelumnya di Belawan, Sumatera Utara, ternyata sejak Agustus 2017 sudah dipindahkan ke Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo Banda Aceh. Pangkalan ini menjadi pusat pengawasan ilegal fishing (pencurian ikan) w ilayah perairan Sumatera.

Informasi ini awalnya disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh, Ir T Diauddin kepada Serambi seusai mendampingi dua staf ahli pengadaan kapal pengawasan laut lepas dari JICA, Jepang yang berkunjung ke PPS Lampulo. Kedatangan Mr Iida Kazumi dan Mr Iwata Daigo untuk PPS Lampulo dalam rangka pengadan kapal cepat pesanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Tujuannya juga untuk meningkatkan pengawasan perairan Indonesia.

“Wilayah pengawasannya mulai Sabang, Lampulo, Sumut, hingga ke Bengkulu,” kata T Diauddin.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Pangkalan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Lampulo, Banda Aceh, Ir Basri membenarkan informasi itu. Menurutnya, pemindahan pangkalan itu yang sebelumnya di Belawan dan kini di kawasan PPS Lampulo sudah sejak Agustus 2017. Hal ini sesuai perintah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi yang menilai PPS Lampulo, Banda Aceh, lebih strategis.

Basri mengatakan hal ini terbukti karena sejak operasi Agustus-Desember 2017, pihaknya sudah menangkap empat kapal nelayan dari Malaysia. “Dua dari empat nakhoda kapal ikan Malaysia yang kita tangkap, ditahan di Rumah Tahanan Pusat Pengawasan Ilegal Fishing PPS Lampulo Banda Aceh. Sedangkan dua lagi ditahan di Belawan, Sumut,” kata Basri. (her)

Editor: hasyim Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Berita 24 Bengkulu

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »