www.AlvinAdam.com

Berita 24 Bengkulu

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jepang Pilih Bengkulu Sebagai Tempat Penelitian Cuaca Global

Posted by On 21.19

Jepang Pilih Bengkulu Sebagai Tempat Penelitian Cuaca Global

NusantaraTerkini.Com, Bengkulu â€" Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berkolaborasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaksanakan penelitian bersama Japan Agency for Marine-earth Science and Technology (JAMSTEC), di bidang cuaca dan Oseanografi.

Kegiatan itu disampaikan koordinator Year of The Maritime Contonent (YMC) Indonesia, Fadli Syamsudin, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap prediksi variabilitas atmosfer dan laut di benua maritim yang sangat penting untuk diketahui, pasalnya hal tersebut berpengaruh terhadap sistem iklim dunia.

”Wilayah Bengkulu dipilih dalam penelitian ini karena menjadi tempat sangat strategis dalam memahami fenomena lokal maupun regional yang berpengaruh langsung terhadap cuaca yang terjadi,” kata Fadli, Rabu, (27/12/2017).

Selain itu, kegiatan tersebut merupakan program internasional yang dim ulai tahun ini dan direncanakan akan selesai pada 2019 yang dilakukan serentak dengan melibatkan mitra internasional dari 9 negara, yaitu Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Australia, Philipina, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Korea. Sementara BMKG menjadi tuan rumah di Indonesia.

Penelitian itu, sambung Fadli, dimulai dengan peluncuran balon cuaca pertama di stamet BMKG Fatmawati dan direncanakan berakhir pada tanggal 15 Januari 2018 mendatang. Sedangkan kegiatan di kapal riset mirai, baru dimulai pada 1 Desember 2017 lalu dengan melakukan pengukuran arus, balon cuaca, radar cuaca, dan parameter oseanografi, seperti suhu, salinitas, dan tekanan, juga gelombang internal.

”Kegiatan di laut direncanakan akan berakhir pada tanggal 1 Januari 2018 nanti,” tuturnya.

Sementara itu, kepala BMKG Fatmawati Bengkulu menuturkan, manfaat kampanye ini akan meningkatkan akurasi prediksi cuaca dan iklim bagi kepentingan penerbangan, membantu program ketahanan pangan nasiona l dan jug memberi kesempatan bagi peneliti indonesia untuk berkontribusi terhadap penelitian skala internasional, khususnya dibidang cuaca dan iklim.

”Ya saya harap hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam membantu program pemerintah daerah terkait dengan cuaca dan iklim,” demikian Warjono.(DDK)

Sumber: Google News | Berita 24 Bengkulu

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »