www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Mengenal Daerah Patahan Gempa Bumi Teraktif di Dunia

Posted by On 14.10

Mengenal Daerah Patahan Gempa Bumi Teraktif di Dunia

(Istimewa)

Penulis : Laila Maisyarah / STEI SEBI

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki banyak kelebihan. Baik itu kelebihan dalam letaknya yang strategis, yaitu letak silang sehingga bagus dalam jalur perdagangan antar bangsa. Selain itu juga memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Dengan iklim yang tropis dan hanya memiliki dua musim, Indonesia memiliki banyak varietas tanaman dan hutan yang bahkan disebut sebagai paru-paru dunia. Banyaknya daerah yang tergabung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini juga mempengaruhi banyaknya adat dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Salah satu daerah yang memi liki rahmat berlimpah dari Tuhan YME dalam bentuk berlimpahnya kekayaan alam yaitu Bengkulu.

Bengkulu atau dalam bahasa inggrisnya disebut dengan Bencoolen merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Nama Bencoolen sendiri diberikan oleh British East India Company (EIC) sejak tahun 1685 yang berarti tanah patah. Dikarenakan wilayah ini adalah wilayah dengan patahan gempa bumi paling aktif di dunia. Meskipun terletak dengan posisi yang tidak menguntungkan, namun Bengkulu memiliki kekayaan sumber daya alam yang tidak kalah jika dibandingkan dengan provinsi lain. Provinsi Bengkulu sendiri terkenal dengan bunga yang ditemukan oleh Sir Stamford Raffles yaitu bunga Rafflesia yang menjadi icon dari daerah tersebut.

Dengan luas wilayah 19.788,70 km², Bengkulu dihuni oleh 1.972.196 jiwa menurut data Badan Pusat Statistik 2010. Untuk agama sendiri, masyarakat Bengkulu merupakan perwujudan dari kebhinekaan itu sendiri, karena hampir dari setiap agama yang di Indonesia a da pada masyarakat Bengkulu. Untuk etnis dan bahasa pun bengkulu memiliki kekayaan dan keberagaman yang luar biasa. Di Bengkulu, kita dapat menemukan masyarakat dengan etnis Rejang, Jawa, Serawai, Melayu Bengkulu, Lembak, Minangkabau dan banyak etnis lainnya. Dengan delapan bahasa yang akan kita dengar yaitu, Rejang, Melayu Bengkulu, Serawai, Basemah, Kaur, Enggano, Pekal dan tentunya bahasa Indonesia. Selain itu Bengkulu juga memiliki rumah tradisional yang disebut dengan Pusako Bubung Limo dan senjata tradisional berupa Keris Bengkulu.

Bukan hanya kaya akan sejarah semisal benteng Fort Marlborough yang merupakan peninggalan Inggris, Bengkulu pun juga kaya dengan seni dan budaya. Bengkulu memiliki kerajinan tradisional batik basurek, kain batik yang dihiasi dengan huruf-huruf arab gundul. Dan batik basurek ini telah diakui sebagai salah satu warisan budaya Republik Indonesia. Dalam bidang tari dan musik pun, Bengkulu memiliki kekayaan yang sangat banyak. Sebut saja, dalam bi dang tari kita dapat melihat berbagai jenis tari seperti tari tombak kerbau, tari putri gading cempaka, tari pukek, tari andun, tari kejei, tari penyambutan dan tari bidadari menimang anak. sedangkan dalam bidang musik meliputi geritan atau cerita sambil berlagu, serambaek atau seni yang berupa patatah petitih, andei-andei atau seni sastra berupa nasihat dan sambei atau seni vokal khas rejang yang biasanya digunakan pada pesta pernikahan.

Seperti disebutkan diawal, meskipun Bengkulu merupakan wilayah dengan patahan gempa bumi paling aktif di dunia, namun Bengkulu memiliki banyak kekayaan alam. Salah satunya yaitu wisata alam yang dapat menjadi destinasi dalam melepas penat setelah bekerja ataupun saat liburan. Selain itu dengan adanya objek wisata alam ini juga dapat membantu perekonomian rakyat sekitar daerah tersebut. Sehingga memberikan keuntungan baik untuk pemerintah dan juga masyarakat. Wisata alam di Bengkulu sendiri terdiri oleh pantai, Danau, Taman wisata. Selain wis ata alam, juga terdapat wisata budaya dan peninggalan sejarah, yang sangat perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Bengkulu terkhususnya. Karena bapak Proklamator kita pun pernah berkata bahwa Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai sejarah sehingga dikenal dengan ungkapan Jas Merah (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah).

Adapun beberapa wisata alam yang dapat kita temui di Bengkulu adalah pantai panjang, pantai pasir putih, pantai laguna samudra, pantai linau, pulau tikus, danau dendam tak sudah, tapak paderi, danau tes, dan masih banyak wisata air lainnya. Sedangkan untuk wisata daratnya, kita dapat mengunjungi Taman hutan hujan tropis, taman wisata konak, dan bagi yang memiliki hobi berburu, juga bisa mengunjungi taman berburu seblat. Sedangkan untuk wisata budaya dan peninggalan sejarah, kita dapat menjumpai Benteng Malborough, rumah pengasingan Bung Karno, Museum Provinsi Bengkulu dan banyak tempat wisata lainnya yang dapat kita kunj ungi saat ada di Bengkulu.

Meskipun terletak dalam posisi yang kurang strategis, Provinsi yang terdiri dari sepuluh kabupaten/kota ini memiliki tingkat perekonomian yang relatif maju. Dilihat dari waktu ke waktu kota Bengkulu yang selalu berbenah. Jalan-jalan di kota ini relatif luas, struktur kota pun amat terencana sehingga dapat menghadapi perkembangan ekonomi di masa depan. adapun dalam bidang pendidikan, Bengkulu memiliki Universitas Bengkulu (UNIB) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di kota itu. Untuk akses transportasi sendiri, Bengkulu sudah memiliki Bandar udara yang diberi nama Bandar Udara Fatmawati Soekarno. Dengan adanya berbagai sarana dan pra sarana yang ada maka akan mempermudah para wisatawan baik domestik dan mancanegara dalam mengeksplor daerah dengan patahan gempa bumi paling aktif di dunia ini.

Comments

comments

Sumber: Google News | Berita 24 Bengkulu

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »